Perhatikan Anak Anda! Kenali Tanda-Tanda Anak Kecanduan Game Online

0 Comments
Perhatikan Anak Anda! Kenali Tanda-Tanda Anak Kecanduan Game Online

Saat ini, internet sudah menjadi fenomena yang luar biasa membaur bersama kehidupan manusia. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia dipengaruhi oleh internet. Hasilnya, manusia semakin banyak merasakan dampak-dampak yang ditimbulkan oleh internet. Mulai dari positif hingga negatif, Anda semua pasti pernah merasakannya. Salah satu dampak yang turut dirasakan juga terjadi pada anak, permasalahan anak kecanduan game menjadi persoalan serius di kalangan orang tua. Kemudahan akses internet tentu membuat manusia semakin mudah dalam mendapatkan segala informasi dan terhubung satu sama lain dalam hal menyampaikan pesan, namun kemudahan mengakses internet yang tidak dibersamai dengan pengawasan dan kontrol diri juga dapat menjerumuskan Anda dan orang-orang di sekitar Anda pada lubang kecelakaan. Seperti pada setiap suguhan situs pengeluaran hk, salah satu agen game yang membuat setiap player kecanduan dalam setiap layanan game yang di berikan, karena total hadiah yang diberikan puluhan juta rupiah dan pastinya semua orang ingin mendapatkannya.

Lalu, pada dunia anak? apa yang sedang terjadi?. Fenomena gelombang internet yang sedang banyak ditemukan di dunia anak adalah fenomena game online. Hingga saat ini, fenomena anak yang kecanduan game online masih terus menjadi masalah yang mengkhawatirkan orang tua dan para guru. Pasalnya, bermain game online terus menerus dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental dan psikis anak. Pada September 2018, WHO mengklasifikasikan perilaku kecanduan game online sebagai hal yang merusak mental dan karena itu harus diberi perhatian serius . Jika sudah begini, maka sudah jelas jika perilaku kecanduan game online bukanlah masalah yang boleh kita tak acuhkan.

Kecanduan Game Online Menurut WHO

Perhatikan Anak Anda! Kenali Tanda-Tanda Anak Kecanduan Game Online

Kecanduan game online sudah diakui oleh WHO sebagai salah satu gangguan mental serius yang termasuk ke dalam Penyakit Internasional. WHO menjelaskan jika perilaku kecanduan game online sebagai hal yang merugikan yang bisa menimbulkan efek buruk. Karena itu, hal tersebut harus dicegah dengan berbagai cara yang efektif. Pernyataan WHO atas perilaku ini juga diperkuat dengan pendapat para ahli lainnya yang rata-rata menyimpulkan perilaku anak kecanduan game online ditandai dengan anak yang semakin mengisolasi diri dari dunia luar, menghabiskan banyak waktu berjam-jam di depan gadget daripada harus bertemu kawanan sosial secara langsung dan prestasi yang cenderung menuru di sekolah.

Tanda-Tanda AnakKecanduan Game Online

anak kecanduan game

Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan anak mengalami gangguan kecanduan game online yang harus Anda perhatikan :

  • Anak menjadi lebih emosional

Semakin banyak waktu dan perhatian yang anak berikan kepada gamenya, akan semakin mungkin anak mengalami degradasi simpati terhadap hal-hal disekitarnya. Hal ini dibuktikan dengan perilaku anak yang akan mudah merasa sedih, marah atau cemas apabila dihimbau bahkan dipaksa untuk menghentikan permainannya dan beralih pada kegiatan lain yang lebih berarti. Jika anak Anda menunjukkan gejala seperti ini, dikhawatirkan anak kecanduan game, maka Anda perlu lebih menjaga ketat perhatian Anda pada anak. JanganĀ  sampai Anda lengah dalam menghadapi situasi yang nantinya berpotensi terus membahayakan kesehatan mental anak dalam jangka waktu yang lama.

  • Kehilangan Minat Pada Hal Yang Diminati Sebelumnya

Karena terlalu banyak mencurahkan waktu dan minatnya pada game, anak akan merasa jika game-game yang sedang ia mainkan tersebut adalah hal paling menarik sekarang. Akan snagat mungkin jika anak kemudian berganti minat dari hal-hal yang sebelumnya ia sukai ke dunia game yang sedang ia mainkan sekarang.

  • Berkurangnya Quality Time dengan Orang-Orang di Sekitar

Jika anak sudah mulai menarik diri dari perkumpulan keluarga, makan malam keluarga, kegiatan diskusi bersama, atau sekedar berkumpul di depan tv bersama keluarga dan lebih memilih berkutat dengan alat gamenya, maka bisa jadi anak Anda mengalami gejala kecanduan game. Perilaku ini jelas sekali menunjukkan jika rasa sosialisasi anak sudah mulai berkurang diakibatkan terlalu asyik berinteraksi dengan dirinya sendiri dan alat game.

  • Menjadikan Game Sebagai Tempat Pelarian Emosi

Pernahkan Anda menjumpai anak Anda yang sedang sedih berlari ke kamarnya dan menghidupkan game konsolnya kemudian melihat suasana hatinya baik kembali? Jika iya, maka Anda perlu berhati-hati pada sikap anak Anda tersebut. Hal ini menunjukkan jika anak Anda sudah menjadikan game konsol sebagai sarana pelampiasan emosionalnya daripada harus melampiaskannya langsung kepada anggota keluarganya.

  • Prestasi Sekolah Menurun

Salah satu gejala anak mengalami kecanduan bermain game adalah prestasi anak yang menurun di sekolah. Perhatikan, apakah sebelumnya prestasi anak Anda baik-baik saja dan cenderung stabil? Lalu apakah akhir-akhir ini dia lebih tertarik menghabiskan waktu bersama game konsolnya bukannya buku-buku pelajarannya? Jika iya, maka Anda harus lebih mengontrolnya mulai sekarang karena bisa jadi ini tanda anak kecanduan game. Berilah jadwal kegiatan yang memisahkan antara kapan waktu untuk belajar dan kapan waktunya bermai game. Dengan hal ini, anak akan menjadi sadar akan apa yang harus dilakukan sehingga tak mudah kecanduan game.